Jumat, 10 Desember 2010

Optmalisasi Smadav Rev. 8.3 Pro

Sekarang 1 antivirus sudah tidak menjamin kalau PC/laptop Anda bisa aman dari virus. Cara alternatif adalah menginstall AV internasional dan juga "lokal" pastinya. AV lokal yang saya percaya adalah Smadav. Optimalisasikan-lah kinerja Smadav sobat blogger... Bagi yang sudah install Smadav Rev 8.3 Pro, tapi belum tahu cara optimalisasinya, ini dia tips dari saya.

Bagi yang belum ada Smadav Rev 8.3 Pro silahkan download disini.. Postingan ini juga membantu Anda yang sudah menggunakan Smadav tetapi belum tahu cara optimalisasi Smadav.

Setelah Anda install, scan-lah "registry" terlebih dahulu dengan Smadav. Karena dari pengalaman saya sendiri, virus dan malware selalu menginfeksi "registry" dulu baru yang lain. Apa itu registry?? Kalo mau dijelaskan dari awal panjang banget..hehe.. Registry merupakan konfigurasi sistem operasi yang mengandung informasi dapat berupa informasi pengguna, program, dan juga boot system Windows. Bisa dibayangin jika boot system Anda diserang virus, kacau deh..

Sebelum scan contrenglah "Deep (over 1500 registry values)", lalu scan..


Tunggu sampai scan selesai. Jika ada registry yang terinfeksi, repair-lah semuanya.




Jika terdeteksi virus, clean all dengan di-select all terlebih dahulu. Jika ada masuk ke Quarantine, di-delete saja.

Unhide juga file system yang ter-hidden.


 Lock juga drive yang ada pada komputer. Drive C, D, E dan seterusnya. Termasuk drive "Removable Disk" alias flash disk.
Karena drive di laptop saya hanya 1, maka yang saya lock hanya C. Tentu Anda bertanya mengapa di-lock. Virus autorun.inf dapat dicegah dengan proteksi lock ini. Setelah di-lock akan  muncul folder "Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ".

Tidak sampai disitu.. Contrenglah semua settingan yang ada di "Basic Settings" dan "Advanced Settings".


Jika splash screen tidak muncul, Smadav akan lebih ringan saat booting. 

Sekian tips Smadav dari saya..

Tinggalkan juga komentar yah sobat dan jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya..


Baca juga artikel lainnya:

2 komentar:

  1. makasih banyak dan banyak ya buat kawan ini...
    saya praktekan pada smadav saya ya...

    BalasHapus

SELAMAT DATANG DI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN CARA MUDAH UPDATE ESET DENGAN TNOD, FREE DAN FULL VERSION SOFTWARE, TIPS N TRIK MENGENAI KOMPUTER, INTERNET, WINDOWS DAN BLOG SERTA MOTOGP | UNTUK KENYAMANAN MENDOWNLOAD GUNAKAN SELALU INTERNET DOWNLOAD MANAGER (IDM) | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM HARAP MENCANTUMKAN LINK SUMBER | JIKA MENEMUKAN MASALAH, BAIK LINK DOWNLOAD BERMASALAH ATAU YANG LAIN HARAP TINGGALKAN PESAN KEPADA ADMIN | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA KOMENTAR ANDA | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA | HAVE A NICE DAY
UTC + 7 Time Zone