Selasa, 26 Oktober 2010

BaterryCare 0.9.8.1

Monitor baterai laptop Anda dengan BatteryCare. Jika selama ini sobat blogger hanya menggunakan indikator default bawaan laptop, coba juga software Batterycare ini. Software indikator ini terbilang lumayan bagus dalam menampilkan akurasi baterai laptop.

Selain bisa menampilkan jumlah daya (Watt) saat proses charging dan discharging, juga dapat menampilkan temperatur/suhu hardisk dan CPU.


charging

discharging

Ini ada tips untuk Anda..

Normalnya temperatur  HDD dan CPU harus berada di kisaran 40ºC-50ºC dan baterai harus tetap di socket. Jika melebihi 60ºC misalkan untuk pemakaian "berat" sebaiknya baterai dilepas dari socket.

Terus pernah gak dengar pertanyaan ini..kalo lagi pake laptop udah dicharge full charger-nya perlu dicabut gak..?? Jawabannya tergantung situasi tentunya. Jika dibiarkan tercolok di laptop dalam keadaan fully-charged tidak ada masalah oke-oke saja. Karena jika baterai sudah full, maka akan berhenti charging. Tetapi masalah muncul apabila charging pada laptop menimbulkan panas yang berlebihan yang berimbas ke komponen di laptop Anda.






Cara melakukan kalibrasi (full-discharging)?

Metode yang paling yang memadai untuk melakukan discharge penuh (100% menjadi sekitar 3%) terdiri dari prosedur berikut:
1. Mengisi daya baterai dengan kapasitas maksimum (100%).
2. Biarkan baterai "istirahat" terisi penuh selama 2 jam atau lebih. Anda dapat menggunakan komputer biasanya dalam periode ini.
3. Ke Power Options di Control Panel dan mengkonfigurasi hibernasi otomatis untuk hibernate komputer saat mencapai 3% dari kapasitas.
4. Biarkan pemakaian komputer, non-stop, sampai hibernates sendiri. Anda dapat menggunakan komputer biasanya dalam periode ini.
5. Ketika komputer dimatikan sepenuhnya, membiarkannya tinggal di negara hibernasi selama 5 jam atau bahkan lebih.
6. Plug komputer ke power AC untuk melakukan pengisian penuh non-stop hingga kapasitas maksimum (100%). Anda dapat menggunakan komputer biasanya dalam periode ini.

Info: Software BatteryCare 0.9.8.1 ini saya uji coba.. Fully tested n 100% worked...

Password: henryvan
Download BatteryCare 0.9.8.1


http://batterycare.net/

Baca juga artikel lainnya:

11 komentar:

  1. Aku kalo make laptop suka lepasin batere loh. Kata temen sih biar batere nya awet gitu. Trus selama batere nya di lepas, aku make laptop dalam keadaan di charge terus. Bahaya gak ya?

    BalasHapus
  2. @tian: makasih sob..

    @Marisha Eliana: coba install dulu BatteryCare, liat suhunya berapa.. Trus kalo suhunya belum sampe 60ºC masih lebih disarankan baterai tetap terpasang... :)

    BalasHapus
  3. I've installed and check mine. Ada di kisaran 41-42 gitu. berarti harus dipasang aja batere nya? ntar gak bikin batere kita soak ya?

    BalasHapus
  4. @Marisha Eliana: according to official website, gak tidak ada masalah.. coba lihat discharge cycle-nya, kalo uda sampe 30 lakukan full-discharging..
    Untuk lebih jelas ikuti link ini..
    http://batterycare.net/en/guide.html

    BalasHapus
  5. Nice share shob , biar batery juga lebih awet

    BalasHapus
  6. Postingannya sangat bermanfaat ijin.... diaplikasikan. salam TambelanBlog

    BalasHapus
  7. misalkan indikator CPU dan HDD nya, CPU : -- sedangkan HDD : --, bahaya gk tuh?.
    mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  8. @Anonim: bahaya sih gak nampak sob, abis indikator BatteryCare gak nampil. Coba un-install, lalu install lagi..
    Kalo melebihi 60an baru bahaya gan...

    BalasHapus

SELAMAT DATANG DI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN CARA MUDAH UPDATE ESET DENGAN TNOD, FREE DAN FULL VERSION SOFTWARE, TIPS N TRIK MENGENAI KOMPUTER, INTERNET, WINDOWS DAN BLOG SERTA MOTOGP | UNTUK KENYAMANAN MENDOWNLOAD GUNAKAN SELALU INTERNET DOWNLOAD MANAGER (IDM) | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM HARAP MENCANTUMKAN LINK SUMBER | JIKA MENEMUKAN MASALAH, BAIK LINK DOWNLOAD BERMASALAH ATAU YANG LAIN HARAP TINGGALKAN PESAN KEPADA ADMIN | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA KOMENTAR ANDA | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA | HAVE A NICE DAY
UTC + 7 Time Zone