Kamis, 14 Oktober 2010

DOSBox 0.73

Punya Pascal?? Tapi gak bisa jalan di Windows Vista dan Seven?? Ini tricknya. Pake aja DOSBox aje sob. Karena banyak sekali fitur DOS yang telah dihilangkan di Vista dan Seven, jadi konsekuensinya kita susah kalau hendak menjalankan program-program yang butuh kompabilitas dengan DOS. DOSBox adalah salah satu DOS emulator (program emulator untuk menjalankan program dan game under DOS). Program DOSBox ini bekerja seakan-akan Windows (Vista dan Seven) kita bisa support DOS.

Sebenarnya Turbo Pascal 7 sendiri sudah tidak dikembangkan Borland sejak 1995. Borland lebih memilih mengembangkan Delphi yang mendukung OOP. So, sangat tidak mungkin Turbo Pascal bisa berjalan pada Vista dan Seven yang baru keluar setelahnya. Nasib..nasib.. Tapi jika Anda tetap ingin menggunakan Turbo Pascal 7 terutama untuk Seven atau Vista 64-bit, maka Anda bisa memanfaatkan DOSBox 0.73.

Setelah dijalankan DOSBox maka akan seperti ini..



Sekarang giliran Turbo Pascal-nya. Mungkin Anda akan mendapat dua versi, yang pertama paket yang sudah diinstall dan yang kedua paket yang belum diinstall alias installernya. Dua-duanya bisa dipakai koq di DOSBox. Hanya masalah instalasinya saja. Jika bisa diinstall biasa maka installah seperti biasa, jika tidak bisa maka gunakan DOSBox emulator.

Ini caranya bagi yang installer:
1. Taruh paket Turbo Pascal installer di C: dan beri nama atau rename jadi TurboPascal. Pastikan dalam folder itu ada file Install.exe
2. Jalankan DOSBox dan ketikkan Mount C C:\TurboPascal disamping tulisan Z:\(Hal ini dilakukan untuk me-mount C:\TurboPascal pada direktori C pada Dosbox)
3. Ketikkan C: disamping tulisan Z:\ Jika benar maka akan muncul C:\ seperti gambar..


4. Ketikkan install.exe pada C:\ dan enter
5. Mulai install Turbo Pascal Anda, tekan Enter untuk Install. Install pada C Enter. Enter Lagi. Install Turbo Pascal on a Hard Disk Enter, enter lagi. Lalu arah ke bawah pilih F9-‘Start Installation.

Setelah installasi selesai, cari difolder Anda menginstall tadi. Installan tadi adalah paket Turbo Pascal yang sudah diinstall. Tentunya jika Anda telah memiliki paket Turbo Pascal yang sudah diinstall tidak perlu melakukan proses installasi diatas.

Agar bisa running under DOSBox, lakukan lagi langkah-langkah ini:
1. Copy paste folder paket Turbo Pascal yang sudah diinstall pada direktori C:\ berarti pada root directory, dengan nama folder TP. Pastikan dalam folder TP terdapat folder Bin, yang didalamnya lagi terdapat file TPX.exe
2. Buka lagi DOSBox, ketikkan Mount C:\TP, enter lalu C: enter lagi. Ketik bin\tpx.exe pada C:\>



3. Selesai Turbo Pascal akan berjalan seperti biasanya..:)


Info: Software DOSBox 0.73 ini saya uji coba, berjalan dengan lancar. Fully tested n 100% worked...
Note: Jika instalasi Pascal under DOSBox gagal, saya sarankan gunakan saja Pascal (post-installed) yang sudah diinstall, jadi tinggal copi aja. Lalu ikuti 3 langkah terakhir di atas.


Password: henryvan
Download Turbo Pascal 7.0-installer
Download Turbo Pascal 7.0-postinstalled
Download DOSBox 0.73



Baca juga artikel lainnya:

2 komentar:

  1. Mas aku sudah download dosbox, tapi kok tdk bisa buat compile yah? mohon bantuannya. Makasih.

    BalasHapus

SELAMAT DATANG DI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN CARA MUDAH UPDATE ESET DENGAN TNOD, FREE DAN FULL VERSION SOFTWARE, TIPS N TRIK MENGENAI KOMPUTER, INTERNET, WINDOWS DAN BLOG SERTA MOTOGP | UNTUK KENYAMANAN MENDOWNLOAD GUNAKAN SELALU INTERNET DOWNLOAD MANAGER (IDM) | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM HARAP MENCANTUMKAN LINK SUMBER | JIKA MENEMUKAN MASALAH, BAIK LINK DOWNLOAD BERMASALAH ATAU YANG LAIN HARAP TINGGALKAN PESAN KEPADA ADMIN | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA KOMENTAR ANDA | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA | HAVE A NICE DAY
UTC + 7 Time Zone