Rabu, 17 November 2010

Superkomputer China Vs AS

Jika beberapa waktu yang lalu China sudah berhasil membuat superkomputer tercepat di dunia, sekarang giliran negeri paman Sam yang akan mematahkan rekor China tersebut. Dua superkomputer yang tengah dikerjakan ini diklaim akan menyaingi kinerja superkomputer Tianhe-1A.

Sekilas mengenai Tianhe-1A
National University of Defense Technology China berhasil membuat Tianhe-1A yang memiliki performa 2,507 petaflop atau lebih dari 2 quadrillion calculations per second. Satu petaflop setara dengan 1.000 triliun kalkulasi per detik. Kemampuan Tianhe-1A ini telah melampaui sistem komputer supercepat yang tercatat di "Global Top 500 List of Supercomputers" yang dipublikasikan pada Juni lalu. Pembuatan superkomputer ini untuk meningkatkan kemampuan riset dan simulasi untuk permodelan iklim, penelitian genom, energi alternatif, terkait seismograf, dan juga kebutuhan militer.


Tianhe-1A menggunakan 7.168 Nvidia Tesla M2050 graphics processing units dan 14.336 Intel Xeon. Komputer ini nanti juga akan menggunakan energi tiga kali lipat lebih efisien ketimbang yang ada saat ini. Sistem ini didesain untuk memiliki computing power yang setara dengan 175.000 laptop.



Giliran Amerika
Setelah Jaguar milik pemerintah Tennessee dengan 1,750 petaflop kalah bersaing dari Tianhe-1A, Amerika kini punya "misi" yang lebih gila lagi! Mungkin balas dendam kali ya, hehe.. Tengok saja 2 superkomputer sekaligus yang tengah dikerjakan para insinyur Amerika yang akan memiliki performa 20 petaflop atau setara 20 triliun calculation per second. Kalau benar terlaksana maka ini akan jauh melampaui superkomputer China yang saat ini menempati urutan pertama di dunia.



Komputer pertama akan dibangun di Oak Ridge National Laboratory, lokasi yang sama dengan superkomputer Jaguar yang menempati peringkat dua dunia saat ini. Superkomputer kedua akan dibangun di Lawrence Livermore National Laboratory oleh IBM. Namun pengerjaan dua superkomputer ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2012.

Tenang masih 2 tahun lagi koq, sementara berarti superkomputer China masih rajanya..

Selamat buat China...!


Baca juga artikel lainnya:

0 comments:

Poskan Komentar

SELAMAT DATANG DI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN CARA MUDAH UPDATE ESET DENGAN TNOD, FREE DAN FULL VERSION SOFTWARE, TIPS N TRIK MENGENAI KOMPUTER, INTERNET, WINDOWS DAN BLOG SERTA MOTOGP | UNTUK KENYAMANAN MENDOWNLOAD GUNAKAN SELALU INTERNET DOWNLOAD MANAGER (IDM) | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM HARAP MENCANTUMKAN LINK SUMBER | JIKA MENEMUKAN MASALAH, BAIK LINK DOWNLOAD BERMASALAH ATAU YANG LAIN HARAP TINGGALKAN PESAN KEPADA ADMIN | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA KOMENTAR ANDA | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA | HAVE A NICE DAY
UTC + 7 Time Zone