Rabu, 01 September 2010

Sekilas Mengenai Torrent

Kali ini saya akan membahas mengenai "torrent". Mungkin banyak yang belum tahu apa itu torrent dan gimana sih cara kerjanya.. Tapi tentu sobat blogger sekalian pernah donk nemu file download ekstensinya tu ".torrent"?? Di Indonesia "torrent" kurang diminati, ntah karena jarang yang tahu atau yang lainya. Berikut ulasan mengenai torrent..

Torrent merupakan link ato tepatnya download link yang menghubungkan downloader dan uploader. Terjadi hubungan P2P atau peer to peer antara downloader dan uploader, di mana tidak ada yang namanya server maupun client, yang ada workstation. 

Nah, jika menggunakan direct link, itu namanya server base. Server sebagai penyedia file dan client mendownload file. Kalau torrent berbeda, kita men-download sekaligus meng-upload file sekaligus. Jadi bisa dikatakan 1 komputer sebagai client dan server, maka itu saya menyebutnya workstation aje..hehe..

Hasil file download "torrent" berekstensi ".torrent", dan hanya dapat dijalankan oleh program torrent juga, salah satunya "uTorrent" (gambar icon di atas). Dengan menggunakan program penganalisa torrent sejenis "uTorrent", file ".torrent" ini akan dipilah menjadi file-file kecil yang mengandung informasi mengenai file aslinya, seperti isi dalam file sampai link downloadnya..

Lalu ada juga sebutan "tracker", "seed" (bukan biji loh..), "leech", dan "peer". Seed sendiri merupakan workstation yang mempunyai file asli yang utuh 100%.  Semua workstation selain seed adalah peer dan mendownload dari seed itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan di atas ".torrent" berisi informasi mengenai file asli, maka dengan demikian berfungsi sebagai tracker. Dalam proses mendownload dan mengupload, tentu akan terlintas di pikiran Anda untuk menekan angka upload sekecil mungkin supaya download bisa lebih maximal.. Betul?? Yang seperti inilah yang dinamakan leech, tapi sayang sekali hal seperti ini tidak akan berpengaruh banyak.

Kelebihan mendownload dengan torrent:
1. Download apapun GRATIS..TIS.TISSS..
2. Never die resume-capability, walaupun terputus setengah jalan dari workstation penyedia file maka masih ada workstation lain.
3.Dapat menyetel prioritas download file.
4. Multiple file dapat didownload secara langsung, tanpa perlu menunggu file sebelumnya selesai dulu.

Kekurangannya yaitu:
1. Apabila seeding sudah tidak ada, maka tamatlah riwayat link torrent tersebut
2. Perlu sedikit setting agar software torrent Anda berjalan lebih sempurna.
3. Speed downlod na fluktuatif, alias naik turun sebagai imbas jumlah peer dan seeeder.
4. Besar kemungkinan berbagi virus maupun malware, sebab hubungan  P2P menghubungkan komputer kita dengan orang yang mendownload file.

Saran saya bagi sobat blogger yang gak punya premium user account buat Rapidshare, Hotfile ataupun yang lainnya untuk menggunakan torrent sebagai alternatifnya. Akan tetapi pastikan anti virus Anda terinstall dan selalu up-to-date dulu ya..

Baca juga artikel lainnya:

0 comments:

Poskan Komentar

SELAMAT DATANG DI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN CARA MUDAH UPDATE ESET DENGAN TNOD, FREE DAN FULL VERSION SOFTWARE, TIPS N TRIK MENGENAI KOMPUTER, INTERNET, WINDOWS DAN BLOG SERTA MOTOGP | UNTUK KENYAMANAN MENDOWNLOAD GUNAKAN SELALU INTERNET DOWNLOAD MANAGER (IDM) | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI HENRY-VAN.BLOGSPOT.COM HARAP MENCANTUMKAN LINK SUMBER | JIKA MENEMUKAN MASALAH, BAIK LINK DOWNLOAD BERMASALAH ATAU YANG LAIN HARAP TINGGALKAN PESAN KEPADA ADMIN | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA KOMENTAR ANDA | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA | HAVE A NICE DAY
UTC + 7 Time Zone